Marketing (MKT) & Surveyor (SV)


Memasarkan dan berperan aktif dalam proses penyaluran kredit kepada masyarakat secara aman dengan menerapkan prinsip kekeluargaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan Koperasi Simpan Pinjam.

Tanggung Jawab

  1. Tercapainya target pertumbuhan outstanding kredit secara pribadi maupun areanya melalui kegiatan pemasaran produk, jasa-jasa dan program Koperasi Simpan Pinjam.
  2. Terjaminnya penyaluran kredit kepada masyarakat dapat berjalan baik dan aman dengan menerapkan prinsip kehati-hatian sesuai prosedur dan ketentuan.
  3. Terjalin hubungan yang baik dan harmonis secara efektif dan efiesien dengan pihak-pihak yang diperlukan (baik internal maupun eksternal) dalam mendukung kegiatan penyaluran kredit kepada masyarakat.

Tugas

  1. Mengupayakan tercapainya target pertumbuhan outstanding kredit secara pribadi maupun kantor.
  2. Menguasai seluruh program, produk dan jasa Koperasi Simpan Pinjam serta memberikan informasi dengan cepat, tepat, baik dan benar sesuai prosedur dan ketentuan
  3. Memasarkan kepada calon anggota mengenai produk, jasa-jasa dan program Koperasi Simpan Pinjam baik secara langsung dengan aktif melalui : brosur kredit, telepon, sms/wa, surat penawaran, kunjungan ke rumah dan tempat usaha. Dan secara tidak langsung melalui pihak ketiga : Mitra Sumber Rizki Utama, serta pihak lain yang memberikan referensi
  4. Melakukan dan merencanakan pemasaran produk kredit dan jasa Koperasi Simpan Pinjam lainnya.
  5. Melaporkan dan memberikan masukkan, ide dalam mendukung pengembangan pemasaran kredit kepada Manager.
  6. Melakukan investigasi berkas-berkas permohonan kredit yang ditangani.
  7. Melakukan penelitian dan peninjauan langsung/survey ke lapangan dan menilai kelayakan calon anggota dan usahanya berdasarkan prinsip 5C.
  8. Melakukan peninjauan lokasi agunan dan memeriksa keabsahannya.
  9. Menilai kelayakan dan taksasi agunan (appraisal).
  10. Membuat laporan hasil peninjauan ke lapangan dalam Memorandum Analisa Kredit dan merekomendasikan kepada Pemutus/Komite kredit.
  11. Memonitor perkembangan usaha dan angsuran kredit yang diberikan berjalan lancar sampai dengan lunas.
  12. Membina dan mengembangkan hubungan baik dengan anggota sampai kreditnya lunas.
  13. Sebagai problem solver dengan mengenali resiko dan tanda-tanda ketidaklancaran sehingga bisa mengambil tindakan sedini mungkin
  14. Aktif melakukan penagihan melalui telepon, membuat surat tagihan, surat-surat panggilan, dan surat peringatan serta kunjungan ke anggota.
  15. Membuat rencana penagihan dan penanganan kredit kurang lancar (action plan)
  16. Melaporkan hasil penagihan dan memberikan masukkan, ide mengenai penanganan anggota kurang lancar kepada Manager.
  17. Membuat laporan hasil kegiatan (harian dan bulanan) kepada Manager.
  18. Melakukan konsultasi kepada Manager baik secara lisan maupun tertulis.
  19. Menjalin dan memelihara hubungan yang baik, efektif dan efisien dengan pihak-pihak yang diperlukan (internal mapun eksternal) guna mendukung kegiatan pemasaran dan penyaluran kredit kepada masyarakat.